Contoh Ringkasan Eksekutif Perusahaan Tas

21.50 Unknown 0 Comments




1.             RINGKASAN EKSEKUTIF
FREE adalah perusahaan yang bekerja dalam bidang produksi yang menyediakan berbagai macam aksesoris laptop untuk mempercantik tampilan laptop customers. Baik tas,dan sebaginya. Target pasar kami dari tingkat anak – anak sampai orang dewasa. Dalam rencana pengembangan usaha, kami bergerak lebih ke dunia maya (online). Kami melihat peluang yang lebih besar dari penjualan online, dilihat dari banyaknya pengguna gadget atau smartphone. Mereka dapat melihat produk kami darimana dan kapan saja, tanpa harus datang ke tempat kami. Prospek pengembangan ini, kami optimis bisa meningkatkan penghasilan perusahaan kami.

          Keunggulan produk kami :
a.              Desain aksesoris selalu update setiap hari
b.             Harga jauh lebih terjangkau dikarenakan tidak kena pajak
c.              Customers bisa me-request desain untuk item yang mereka inginkan.
d.             Efisiensi waktu, tanpa harus COD pembeli bisa bertransaksi lewat e-banking.

Setiap minggu kami menargetkan minimal 15 item terjual. Data ini kami dapatkan berdasarkan perhitungan yang kami lakukan, agar perputaran uang dalam perusahaan berjalan dengan baik. Rencana pendapatan perusahaan perbulan jika produk terjual sebanyak target minimal yaitu 15 item dengan modal produksi Rp 500.000 dan kami jual  dipasaran dengan harga Rp 80.000/item maka kami mendapatkan keuntngan sebesar Rp 600.000/bulan.

Estimasi modal yang kami butuhkan, sekitar Rp 500.000,-. Modal tersebut diperuntukkan untuk pengadaan barang modal yang nantinya kami jual kembali. Dalam sistem bisnis, kami membeli produk mereka dengan sistem kredit.Dari modal awal kami memberikan uang muka sebagai tanda kesepakatan bisnis.








2.            LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
2.1.       DATA PERUSAHAAN
1.             Nama Perusahaan               : FREE
2.             Bidang Usaha                    : BIDANG USAHA PRODUKSI BARANG
3.             Jenis Produk / Jasa             : TAS LAPTOP
4.             Alamat Perusahaan            : PERUM MASTRIP BLOK L NO.10         
5.             Nomor Telepon/Fax           : 082345654765
6.             Alamat E-mail                    : freeaksesoris@gmail.com
7.             Bank Produsen                  :          
8.             Bentuk Badan Perusahaan : Home Industri
9.             Nomer Akte Pendirian       :          
10.         NPWP                                 :          
11.         Mulai Berdiri                      : 20 maret 2015

2.2.1.  BIODATA PEMILIK / PENGURUS
1.        Nama                                  : DEDY SETIAWAN AZIZ
2.        Jabatan                                : MANAJER
3.        Tempat dan Tanggal Lahir  : BONDOWOSO, 25 MARET 1996
4.        Alamat Rumah                    : SUKOSARI KIDUL
5.        Nomer Telepon                   : 08089765455
6.        Nomor Fax                          : -
7.        Alamat E-mail Terakhir      : priqitiw_deduy45@gmail.com
8.        Pendidikan Terakhir           : SMK
9.        Pengalaman Kerja               : -

2.2.2.   BIODATA PEMILIK / PENGURUS
1.        Nama                                  : BANGUN BAGASKARA
2.        Jabatan                                : HUMAS PEMASARAN
3.        Tempat dan Tanggal Lahir  : BONDOWOSO, 12 AGUSTUS 1996
4.        Alamat Rumah                    : SUKOSARI LOR
5.        Nomer Telepon                   : 081876789009
6.        Nomor Fax                          : -        
7.        Alamat E-mail Terakhir      : b_contoh08@gmail.com
8.        Pendidikan Terakhir           : SMK
9.        Pengalaman Kerja               : -
2.2.3.   BIODATA PEMILIK / PENGURUS
1.        Nama                                  : DWIKI PRAYOGO
2.        Jabatan                                : PEMASARAN
3.        Tempat dan Tanggal Lahir  : JEMBER, 17 MEI 1995
4.        Alamat Rumah                    : PERUM JEMBER PERMAI 2 BLOK R  - 11
5.        Nomer Telepon                   : 081987654009
6.        Nomor Fax                          :          
7.        Alamat E-mail Terakhir      : dwikiprpp88@gmail.com
8.        Pendidikan Terakhir           : SMA
9.        Pengalaman Kerja               : -

2.2.4.   BIODATA PEMILIK / PENGURUS
1.        Nama                                  : CINDY DAMAYANTI
2.        Jabatan                                : KEUANGAN
3.        Tempat dan Tanggal Lahir  : PROBOLINGGO,06 JUNI 1996
4.        Alamat Rumah                    : Jl. YOS SUDARSO KAB. PROBOLINGGO
5.        Nomer Telepon                   : 089765454342
6.        Nomor Fax                          : -
7.        Alamat E-mail Terakhir      : cindy16@gmail.com
8.        Pendidikan Terakhir           : SMK
9.        Pengalaman Kerja               : -

2.2.5.    BIODATA PEMILIK / PENGURUS
1.        Nama                                  : ARIF RAHMAN RAMADHANI
2.        Jabatan                                : PRODUKSI
3.        Tempat dan Tanggal Lahir  : Situbondo, 27 Februari 1995
4.        Alamat Rumah                    : Jl. CENDRAWASIH KAB  SITUBONDO
5.        Nomer Telepon                   : 085678543432
6.        Nomor Fax                          : -
7.        Alamat E-mail Terakhir      : ramadhani_89@yahoo.com
8.        Pendidikan Terakhir           : SMK
9.        Pengalaman Kerja               : -



2.3.       STRUKTUR ORGANISASI
DEDY SETIAWAN AZIZ

( MANAJER )

                       
                                                   
             
BANGUN BAGASKARA

( HUMAS )
CINDY DAMAYANTI

( KEUANGAN )

ARIF RAHMAN RAMADHANI

( PRODUKSI )

DWIKI PRAYOGO


( PEMASARAN )

 






2.4.       KONSULTAN PENDAMPING
a.              Yanto Collector
Alamat Mengok RT 03 RW 01 Kel/Desa Mengok Kec Pujer Kab Bondowoso
b.             Elly Mulyadi

2.5.       SUSUNAN PEMILIK SAHAM
NAMA
JUMLAH SAHAM
NILAI SAHAM
PERSENTASE
Dedy Setiawan Aziz
1
200.000
20 %
Bangun Bagaskara
1
200.000
20 %
Dwiki Prayogo
1
200.000
20 %
Arif Rahman R.
1
200.000
20 %
Cindy Damayanti
1
200.000
20 %
Total
5
1000.000
100%

3.            ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
3.1.       PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN
                   Jenis produk yang dihasilkan       : Tas Pengaman Laptop
                   Karakteristik Produk                    : memiliki tempat stick untuk para gamers
                   Assesories tambahan                    : mouse pad, desain futuristik

3.2.       GAMBARAN PASAR
                    Data Item yang Terjual Perbulan
KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN :
ð   PERSONAL SELLING
Meskipun basic penjualan kami adalah penjualan online, kami juga menjual produk kami melalui offline. Offline dalam arti kami menjajakan produk kami dengan menawarkan langsung kepada customer.
ð   PAMERAN
Untuk meluaskan jangkauan bisnis, kami megikut sertakan produk kami dalam beberapa pameran baik skala besar maupun kecil.
ð   BROSUR
Dalan bisnis, tentu ada advertising ( iklan ) untuk mengenalkan produk perusahaan kami. Brosur adalah media iklan yang kami pilih selain dari iklan online yang kami buat.
ð   ADVERTISING / IKLAN
Iklan yang pernah perusahaan kami buat adalah dari media online, berupa iklan berbayar atau gratis.

3.3.       TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU
Kami menargetkan pemasaran produk kami pada individu, terutama pada remaja yang memiliki laptop berusia 12-25 tahun baik pria atau wanita yang mempunyai daya tarik yang tinggi pada produk kami.



3.4.       TREN PERKEMBANGAN PASAR
Jumlah stock barang kami slalu cek tiap minggunya sehingga barang always ready untuk pembeli. Untuk perkiraan jumlah permintaan per tahun, kami menaksirkan sekitar 180 tas yang kami lepas dipasar.

3.5.       PROYEKSI PENJUALAN
Proyeksi Nilai Penjualan (dalam ratusan ribu rupiah)
Kami melakukan survei dari era modern ini dimana hampir setiap remaja mempunya laptop/notebook dan berbagai laptop/notebook mempunyai banyak macam model seperti touchscreen, macbook, dan lain. Dari situlah kami memanfaatkan kesempatan ini yang pastinya lebih praktis dan  mempunyai daya tarik yang tinggi dengan harga terjangkau.

3.6.       STRATEGI PEMASARAN
ð   PENGEMBANGAN PRODUK
Kami akan melakukan pengembangan produk dengan cara melakukan inovasi-inovasi dan menciptakan hal baru untuk bisa menarik perhatian pelanggan yang bertujuan agar produk yang kami keluarkan dapat bisa bersaing dipasaran lokal maupun internasional.
ð   PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
Kami melakukan pengembangan dengan cara menjalin kerjasama dengan pihak atau perusahaan tertentu yang bertujuan bisa memperluas wilayah perusahaan.

ð   KEGIATAN POMOSI
Kami melakukan kegiatan promosi melalui media cetak maupun elektronik seperti brosur dan website yang bertujuan untuk memperkenalkan produk yang kami buat kepada masyarakat.
ð   STRATEGI PENETAPAN HARGA
Penetapan harga yang kami berikan memperhitungkan  berdasarkan harga di pasaran, kualitas, kerumitan design serta jarak pendistribusian.

3.7.       ANALISIS PESAING
PESAING
KEUNGGULAN
KELEMAHAN
1.      LAZADA.co.id
1.       Situs telah populer
1.    Tidak termasuk ongkir
2.      Bitcom
2.       Tempat Strategis
2.    Pelayanannya kurang
3.      Kotacom
3.       Banyak Variasi
3.    Tempat kurang strategis
4.      Senyum Media
4.       Tempat telah populer
4.    Variasi kurang
5.      Jember Computer
5.       Tempat Strategis
5.    Pelayanannya kurang

3.8.       SALURAN DISTRIBUSI
                    WILAYAH PEMASARAN SAAT INI :
1.             Wilayah Pemasaran : a. Lokal         : 80%
                                                                         b. Nasional     : 20%
2.             Jalur Distribusi                    : àIndividu
                                                                         àDistributor
3.             Rencana Lokasi Showroom/           : 1. Di pusat kota (Car Free Day)
                             Counter Penjualan                           2. Dekat dengan area kampus

4.            ANALISIS PRODUKSI
4.1.       PROSES PRODUKSI                           
PROSES PRODUKSI
BAHAN BAKU
TEKNOLOGI
MESIN
DESIGN
-
OTOMATIS
YA
SABLON
CAT
OTOMATIS
YA
UJI KELAYAKAN
-
OTOMATIS
YA






4.2.       BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA
BAHAN BAKU
KEBUTUHAN RATA – RATA PER BULAN
SUMBER
KAIN
50m
Home Industri
SPOONS
7lembar
Home Industri
RESLETING
5 kodi
Home Industri
TALI KAIN
10 rol
Home Industri
KARET
10 rol
Home Industri
BAHAN SABLON
3 kaleng(1kg)
Yanto Collection

4.3.       KAPASITAS PRODUKSI
                   FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI YANG DIMILIKI MITRA KERJA
Fasilitas dan Mesin Produksi
Jumlah
Total Nilai
MESIN JAHIT
5

MESIN SABLON
1

Total
6


4.4.       RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI
                    STRATEGI DAN TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI :
1.             Perbaiakan desain sesuai dengan mode yang trendy
2.             Peningkatan produktivitas tenaga kerja
RENCANA PENAMBAHAN FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI
FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI *)
JUMLAH SATUAN
HARGA SATUAN
TOTAL NILAI
Mesin jahit listrik
2
Rp 1.750.000
 Rp.2.500.000
Mesin sablon
1
Rp 850.000
Rp. 850.000
         

TARGET KAPASITAS
PRODUKSI RATA-RATA PER
BULAN *)


*) setelah penambahan fasilitas dan mesin produksi



5.           ANALISIS SUMBERDAYAMANUSIA (SDM)
5.1.       ANALISIS KOMPETENSI SDM
TINGKATPENDIDIKAN
Jumlah
 Tidak lulus SD

SD

SMP
9
SMU
6
D1

D3/Sarjana Muda

Sarjana

TOTAL
15
BAGIAN / DEPT.
Jumlah
Manajemen
2
Bagian pemasaran
2
Bagian Produksi
10
Bagian Administrasi
1
Lain-lain
0
TOTAL
15

KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI SDM LAIN-LAIN
1. Desain Tas
2. Laptop
3. Website


5.2.       ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM
JABATAN
TINGKAT PENDIDIKAN
PENGALAMAN
(TAHUN)
KETERAMPILAN KHUSUS
Produksi
SMA/SMU/SMK
1
Menjahit
Produksi
SMA/SMU/SMK
1
Menyablon

5.3.       RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM
JABATAN
JUMLAH KEBUTUHAN
TENAGA YANG TERSEDIA
TENAGA YANG HARUS DIREKRUT
Produksi
15
10
5





6.           RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
6.1.       RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
   STRATEGI PEMASARAN
1.             Membuat sampel desain produk untuk di presentasikan ke para distributor/individu.
2.             Pembuatan website usaha yang didirikan.
3.             Pengembangan wilayah distribusi pemasaran ke daerah Jember dan luar kota.
   STRATEGI PRODUKSI
1.             Perbaiakan desain sesuai dengan mode yang trendy
2.             Peningkatan produktivitas tenaga kerja
   STRATEGI ORGANISASI DAN SDM
1.             Penambahan jumlah karyawan pada jabatan produksi.
   STRATEGI KEUANGAN
1.             Penambahan jumlah saham sebagai modal untuk pengembangan usaha.
2.             Pengendalian sistem keuangan.
6.2.       TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA
Kegiatan
Bulan
5
6
7
8
9
Pembuatan sampel desain




Promosi Penjualan



Penjajakan perluasan wilayah pemasaran
Pengendalian sistem keuangan

7.            ANALISA KEUANGAN
7.1.       LAPORAN KEUANGAN
Tgl Pembelian
Nama Bahan
Jumlah (@)
Harga (@)
Total
2-5-2015
Kain
2 m
Rp. 12000
Rp. 12000
2-5-2015
Spoons
1 lembar
Rp. 12500
Rp. 12500
2-5-2015
Resleting
2 buah
Rp. 1500
Rp. 1500
2-5-2015
Tali kain
1 roll (10 m)
Rp. 20500
Rp. 20500
2-5-2015
Karet
1 roll
Rp.10.000
Rp.10.000
2-5-2015
Bahan Sablon
1 paket
Rp.2000
Rp.2000
Total
Rp. 58.500

7.2.       RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI
è Mesin Border
è Mesin Jahit
è Mesin Sablon
7.3.       RENCANA ARUS KAS (CASH-FLOW)
è Stabil
è Meningkat
7.4.       RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN
è -
7.5.       RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN
è -
7.6.       AGUNAN YANG DIMILIKI
è Gudang stok/barang
8.            ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO
8.1.       DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR
à Bising
8.2.       DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN
è Sampah produksi
8.3.       ANALISIS RESIKO USAHA
è Kenaikan harga bahan baku
è Kenaikan upah tenaga kerja
è Penurunan daya beli masyarakat
è Kerusakan mesin-mesin peralatan
8.4.       ANTISIPASI RESIKO USAHA
è Pembelian stock bahan baku
è Memperluas saluran distribusi pemasaran
è Melalukan maintenance secara berkala




LAMPIRAN
A.           ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS
STRENGTH (KEKUATAN)
1.    Produk
o  Harga Jual
o  Kualitas Produk
o  Desain Produk
Harga jual yang cukup rendah dan kualitas bahan baku yang baik serta desain yang disesuaikan dengan mode saat ini.
2.    SDM
o  Tingkat Keahlian Khusus
o  Pengalaman Kerja
Perusahan kami bekerja sama dengan sebuah home industri pembutan tas
3.    Sistem Manajemen
o  Sistem Pembukuan
o  Sistem Administrasi
Lengkapnya data keuangan dan data pelanggan membuat mudahnya perusahaan untuk pengembangan produk agar dapat mencapai tujuan
4.    Produksi
o  Biaya Produksi
Rendahnya biaya produksi
5.    Pemasaran
o  Online
o  Offline
Strategi pemasaran melalui website dan pembuatan brosur  serta membawa contoh dari tas laptop agar mempermudah saat mempromosikan produk

WEAKNESS (KELEMAHAN)
1.    Produksi
o  Waktu yang dibutuhkan
Waktu yang dibutuhkan cukup lama.

OPPOTUNITIES (PELUANG)
1.    Persaingan
o  Untuk usaha sejenis
o  Untuk produk
Tingkat persaingan yang rendah membuat usaha ini mempunyai prospek yang cukup cerah.
2.    Tenaga Kerja
o  Kualitas Tenga Kerja
Tenaga kerja yang sudah berpengalaman dalam pembutan tas.
3.    Bahan Baku
o  Kualitas bahan baku
o  Ketersediaan bahan baku
Kualitas bahan baku baik serta ketersediaan bahan baku

THREATS (HAMBATAN)
1.    Persaingan
Rendahnya daya beli masyarakat yang lebih memilih produk ditoko-toko acecories laptop yang lebih diminati

B.            KELENGKAPAN PERIJINAN
-


















C.            PETA LOKASI
D.           FOTO PRODUK



E.            DOKUMENTASI PRODUKSI

1.      Keluar masuknya uang cash flow
2.      Arus cash Berkaitan dengan pendapatan dan biaya (selisih )
3.